Minggu, 13 Juli 2014

JANGAN TANYA KENAPA AKU KURUS SEKARANG !!

Faktanya, semua orang bertanya kenapa badanku menjadi kurus.
padahal sebelumnya tubuhku bisa di katakan cukup berisi ,, sedih memang .. saya pun telah mengusahakan berbagai cara untuk menjadi gemuk kembali, namun hal itu tidak cukup membuahkan hasil. Semakin hari saya merasakan sendiri tubuh saya mengecil dan sangat jelas terlihat pada bagian skapula saya yg semakin jelas membentuk tulang.. kemana sebagian lemak yang bersarang, dalam waktu 2 minggu saya bisa drastis menjadi sekurus ini.. memang dulu saya sangat menginginkan tubuh yang ideal akan tetapi bukan kurus yang saya alami sekarang. Semua teman bertanya penyebabnya, saya-pun tak yakin mengenai penyebabnya .. Terjadi begitu saja. Mungkin karna
-Nafsu makan yang menurun
  Bukan karna mual atau muntah, tapi hal ini yang awalnya saya alami seperti anoreksia untunglah tidak sampai bulimia . Hanya keinginan makan saya sangat langka
-Stress atau emosional
Meskipun saya jarang mengalami masalah, akan tetapi strees ini menjadi salah satu alasan menurunnya nafsu makan, suasana hati atau emosional kita juga jadi sangat berpengaruh terhadap pola makan . Terkadang saya tidak makan sama sekali ketika dalam keadaan yang menurut saya sulit. Tapi saat ini serius, tidak ada kaitannya dengan stress atau keadaan emosional saya.
-Makan tidak teratur
Tidak teraturnya makan bisa mengakibatkan suatu kebiasaan. Jam makan menjadi tidak teratur sehingga pada saat lambung mulai kosong terkadang menjadi terabaikan oleh kebiasaan ini.
-Porsi makan sedikit
Hal ini menjadi pengaruh apalagi bila dikaitkan dengan jadwal makan yang tidak teratur. Sekarang ini saya hanya makan sekali setiap harinya. Karna sebelumnya saya makan hanya pada saat lapar akhirnya ketika nafsu makan saya menurun porsi makan berkurang dan saya pun jarang merasa lapar sehingga menyebabkan asupan nutrisi yang saya dapatkan menjadi minim. Untuk memperbaiki kondisi seperti ini biasanya disarankan untuk mengkonsumsi sedikit makanan namun dalam waktu yang singkat. Porsi kecil namun sering dapat menyeimbangkan nutrisi tubuh kita dan karena itu pula lambung kita tidak dibiarkan kosong terlalu lama.
-Cepat merasa kenyang
Minggu lalu saya mencoba masak makanan yang saya suka, saya sengaja melakukannya untk memancing nafsu makan saya namun yang terjadi baru saya santap tidak sampai suapan ke 6 bahkan seterusnya saya merasa kenyang dan ingin berhenti makan. Padahal dulu saya bisa menghabiskan 2 porsi untuk makanan yang saya suka ini.
- Rasa ingin muntah
Masih dengan cerita diatas ketika saya memaksakan diri untuk menyantap makanan hingga habis rasanya sudah tidak mungkin tenggorokan saya seolah-olah menolak dengan keras sampai merasa ingin muntah dan saya pun tidak mau memaksakan lagi , ini benar- benar menyebalkan ketika saya harus memilih berhenti dari pada saya harus memuntahkan usaha saya. Dalam hati saya "ada apa dengan tenggorokanku, seolah semua makanan terhalangi"
          Karna itulah jangan lagi bertanya hal-hal yang aneh mengenai tubuh saya.. Berbagai anggapan aneh , nyeletuk sampai jahat pun pernah mendarat di telinga saya setelah melihat perubahan bentuk tubuh saya yang semakin imut >.< haha.. Pada saat pemilu capres sampai ada seorang ibu mengatai saya anak SMP padahal saya bentar lagi wisuda DIII bu... teman saya berkomentar bahwa saya stres akibat teman lelaki saya , dan yang lebih parahnya lagi ibu saya mengira saya menelan pil diet atau semacamnya . Ya ampun ada-ada aja, tapi bukan karna hal itu ko :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar